Jangan remehkan, 7 Efek Kurang Tidur Bagi Kecantikan Anda

Updated on: 2020-10-11 16:01:58

Mengabaikan kualitas tidur merupakan masalah besar bagi kesehatan kulit Anda. Tidak masalah, entah itu karena berpesta larut malam, mengisi ujian atau bekerja tengah malam untuk memberi makan bayi yang baru lahir, jadi mendapatkan 8 jam tidur yang dibutuhkan di malam hari terkadang tampak mustahil. Anda tidak sendiri. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC), 33% orang dewasa tidak mendapatkan jumlah tidur nyenyak yang dibutuhkan setiap malam. Bahkan dianggap sebagai masalah kesehatan masyarakat.

Namun yang mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa kurang tidur justru dapat merusak kesehatan fisik Anda. Tidak hanya itu, ini juga dapat merusak kulit Anda. Itulah mengapa sangat penting untuk mempraktikkan perawatan diri dan memberi saya waktu di hari Anda, apakah itu menghabiskan lebih banyak waktu untuk rutinitas perawatan kulit Anda atau melakukan yoga atau meditasi.


Nah berikut ini untuk mengetahui dampak buruk kurang tidur bagi kecantikan Anda, karena kesehatan kulit Anda.

 

1. Kulit menjadi tidak seimbang sehingga menyebabkan kulit kering dan kemerahan.


Kurang tidur memang bisa menyebabkan masalah pada kulit Anda. Tidak cukup tidur setiap malam, menurunkan tingkat kelembaban kulit Anda dan menurunkan tingkat pH kulit Anda, yang pada akhirnya menyebabkan kulit tampak kusam dan menua. Penurunan pH juga menyebabkan ketidakseimbangan pada kulit Anda, menyebabkannya terlihat lebih kering dan tidak merata, dan bahkan menimbulkan bintik-bintik merah dan jerawat.

 

2. Menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata

 

Salah satu tanda kurang tidur yang paling jelas adalah lingkaran hitam yang mengganggu di bawah mata. Itu karena kurang tidur menyebabkan pembuluh darah Anda membesar, yang kemudian mengarah ke lingkaran hitam di bawah mata. Tidur yang cukup, membantu tubuh Anda berfungsi sebagaimana mestinya dan akan mengurangi bayangan biru dan ungu yang mengganggu di bawah mata Anda.

 

3. Menyebabkan kantung mata

 

Sayangnya, bersama dengan lingkaran hitam yang mengganggu itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan mata berkantung yang tidak sedap dipandang. Meskipun kurang tidur adalah salah satu penyebab kantung mata bagian bawah, itu bukan satu-satunya. Kantung mata juga bisa terjadi bila ada terlalu banyak cairan di dalam tubuh, menyebabkan mata melorot atau membengkak. Ini bisa terjadi saat Anda tidur atau berbaring tengkurap.

 

4. Rambut menjadi lebih tipis

 

Hal ini dipicu oleh peningkatan kadar kortisol (atau hormon stres) yang kemudian menyebabkan kerontokan rambut terjadi di seluruh kulit kepala. Kurang tidur dapat menyebabkan rambut Anda menipis karena sesuatu yang disebut telogen effluvium. Hal ini pada dasarnya dipicu oleh peningkatan kadar kortisol (atau hormon stres) yang kemudian menyebabkan kerontokan rambut terjadi di seluruh kulit kepala.

 

5. Wajah Berjerawat

 

Kurang tidur hanya akan memperburuk situasi. Jika Anda sudah cenderung berjerawat, kurang tidur hanya akan memperburuk masalah. Ini karena kurang tidur biasanya akibat stres dan pemicu umum timbulnya jerawat.

 

6. Wajah menjadi keriput dan kulit kendur

 

Kurang tidur dan pengurangan kolagen sering kali berjalan seiring. Kurang tidur dan berkurangnya kolagen berjalan seiring, sehingga Anda mungkin melihat lebih banyak keriput dan kulit kendur. Pengurangan kolagen menyebabkan elastisitas kulit yang buruk yang pada akhirnya dapat menyebabkan kulit Anda terlihat lebih keriput dan kendor, serta membuat Anda merosot atau mengerutkan kening.

 

7. Kulit akan mulai terlihat lebih tua

 

Garis-garis kecil yang Anda lihat di wajah Anda setelah tidur nyenyak atau gelisah, adalah apa yang mulai Anda lihat seiring bertambahnya usia. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang tidur 8 jam atau lebih setiap malam memiliki lebih sedikit kerutan, lingkaran hitam, dan bintik-bintik coklat dibandingkan wanita yang tidur kurang dari 6 jam semalam, hingga dua kali lipat jumlah itu!

Anda dapat menggunakan produk kecantikan termahal di luar sana tetapi tidak ada yang dapat mengalahkan manfaat kulit dari tidur nyenyak. Tidur sangat penting untuk pertumbuhan dan nutrisi tubuh dan kulit Anda, meregenerasi sel Anda dan membuang racun saat Anda tidur. Jadi praktikkan perawatan diri dan pastikan Anda mendapatkan setidaknya 8 jam tidur nyenyak di malam hari.



Tinggalkan Komentar